Selasa, 02 Oktober 2012

Sharing is caring

“In their innocence, very young children know themselves to be light and love. If we will allow them, they can teach us to see ourselves the same way. ” 
― Michael Jackson



Beberapa pekan yang lalu, saya bersama ketiga teman saya @kristinapramu , @SaputroAnton, dan @AhmadSunu, berkunjung ke salah satu panti asuhan anak yang terletak di kawasan ring road selatan Kabupaten Bantul. Yap Panti Asuhan Gotong Royong, Yayasan Gotong Royong ini didirikan oleh pendirinya karena dilatarbelakangi dari rasa peduli dan tidak tega melihat anak-anak kecil dibuang atau tidak diurus oleh orang tua mereka. Mereka memutuskan untuk mendirikan panti asuhan ini dengan perlahan.

Sekitar pukul 15.00 WIB kami sampai di panti asuhan ini, tidak ada yang berbeda dari panti asuhan yang lainnya. Kami merasakan suasana yang tenang dari luar, hanya beberapa anak kecil yang terlihat dari pintu samping. Begitu selesai berbincang-bincang dengan bapak dan ibu yang membantu mengurus panti asuhan ini, kami dipersilahkan untuk memasuki sebuah ruangan yang sudah diisi oleh anak-anak lucu yang sedang bermain, menonton televisi, sibuk lari kesana kemari, dan bahkan ada yang hanya duduk berdiam diri dan tidur.


Saat kami berkunjung kesana, kami bersamaan dengan pasangan muda yang sedang asik menggendong bayi yang sedang tertidur. Saya merasa kaget ketika anak-anak ini sangat antusias melihat kedatangan kami, beberapa anak tanpa ragu meminta gendong, atau bahkan memegang kaki kami dengan erat. Anak kecil perempuan dengan berbaju merah meminta saya untuk menggendongnya dan tidak mau untuk diturunkan, jadi saya putuskan kemana-mana bersama anak tersebut.

Melihat anak-anak ini saya dan teman-teman saya merasa sangat senang, saya tidak tau pasti berapa jumlah anak yang masih dirawat oleh Panti Asuhan Gotong Royong. Terakhir saya menanyakan sekitar belasan anak masih berada di panti asuhan ini. Beberapa sudah diadopsi oleh sebuah keluarga. Dahulu katanya, proses pengabdopsian sangat rumit, karena panti asuhan ini belum mempunyai SK, sehingga calon orang tua harus dapat bekerja sama dengan panti asuhan lainnya, selain itu karena kebanyakan anak disini tidak diketahui keberadaan orang tua mereka, itu juga mempersulit dalam pengurusan akta kelahiran mereka. Namun, semua itu dapat dijalankan dengan baik oleh Yayasan Gotong Royong ini, karena mereka mempunyai tenaga-tenaga manusia yang luar biasa.


Sejujurnya saya sedikit penasaran kenapa anak-anak ini bisa berada disini, akhirnya saya putuskan untuk bertanya kepada salah satu ibu yang membantu mengurus panti asuhan ini. Beliau menuturkan banyak alasan mengapa anak-anak ini dapat berada disini. Pertama, orang tua mereka mengaku tidak mempunyai pekerjaan yang tetap sehingga merasa kesulitan untuk mengurus buah hati mereka sendiri. Kedua, bayi tersebut merupakan hasil dari hubungan gelap sehingga orang tua kandung tidak mengharapkan kedatangan mereka. Ketiga, bisa dari sebuah rumah tangga yang tercerai berai sehingga anak mereka yang menjadi korban. 

Tanpa mengurangi rasa hormat, teman saya bertanya bagaimana para orang tua ini menyerahkan bayi-bayi tersebut, dan ternyata memang ada yang menyerahkan secara langsung, atau bahkan mereka menemukannya karena dibuang (mendapatkan informasi secara langsung atau dari orang lain).

Terlepas dari semua alasan mengapa anak ini dapat disini, atau asal usul, atau hal-hal lainnya, yang jelas mereka sangat butuh bantuan kita. Bukan hanya secara materi, tapi pengembangan mental mereka. Mereka membutuhkan keberadaan sosial mereka, yang mau untuk mendengar mereka, bersenda gurau bersama mereka, atau hanya sekedar menggendong mereka. 

Anak-anak ini tidak minta untuk dilahirkan, tapi mereka diberikan kepercayaan untuk mengisi kehidupan yang akan datang. Mereka memang tidak tau apa yang mereka lakukan hari ini, tapi mereka tau pasti apa yang mereka rencanakan untuk kehidupan mereka, dan orang-orang terdekat mereka. 
Jadi, apa salahnya kita berbagi kebahagiaan kepada mereka, dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan pasti sangat bermanfaat buat tumbuh kembang anak-anak ini.
karena Sharing is caring!




































Tidak ada komentar:

Posting Komentar